PLENO KPU MANADO: Suara Calon PKS Menggelembung

MANADO, Cahya Siang (24/4) – Keganjilan yang terjadi pada perolehan suara calon Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pleno rekpitulasi KPU Manado di Hotel Sintesa Peninsula Kamis (23/4) tengah malam, membuat proses penghitungan suara untuk DPRD Manado di Kelurahan Paniki I Kecamatan Mapanget kembali ke titik awal.

Puluhan saksi yang mengawal jalannya pleno sepakat meminta agar 13 kotak suara dari Kelurahan Paniki I dibuka dan dihitung kembali perolehannya. “Bagaimana kalau buka kotak suara,” usul saksi dari PDIP dengan suara lantang, langsung dijawab setuju oleh yang lainnya.
Jelas ini, menurut Ketua KPU Manado Dolvie Angkouw, akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Padahal waktu saat itu sudah menunjukkan lewat pukul 00.00 Wita, atau, artinya proses tersebut akan berlangsung hingga dinihari. Namun pembukaan kembali kotak suara tetap dilaksanakan, sesuai kesepakatan peserta pleno.
Sejak semula, 5 personil KPU Manado, yaitu Dolfie Angkouw (Ketua), Donald Monintja Lucky Senduk, Frangky Daniel Sompie dan Suwardi Hamzah serta para saksi memang sudah sepakat bila ada keganjilan berbentuk kecurangan yang merugikan calon atau partai, maka akan dituntaskan selama saksi menunjukkan bukti konkrit.
Keganjilan yang nampak, perolehan suara PKS dilipat dalam jumlah yang cukup signifikan. Personil DPRD Manado Amir Liputo yang dimandatkan menjadi saksi PKS kemudian segera mengambil form C1 yang jadi pegangan saksi di pleno tingkat KPPS untuk mencocokannya dengan plano D2 milik PPK Mapanget. Walau sudah dihitung kembali, tetap saja aroma keanehan mencuat pada suara PKS di Paniki I. sehingga jalan terakhir yang ditempuh adalah menghitung kembali suara dalam kotak.
Berbeda dengan malam sebelumnya, dimana KPU Manado harus secepatnya menskorsing pleno akibat ruangan yang digunakan di Hotel Maleosan hanya sampai pukul 12 malam, maka kali ini menurut Lucky Senduk hal tersebut tak perlu dipersoalkan lagi. “KPU Manado sudah menyiapkan dana untuk mengatisipasi hal ini,” beber Senduk. (010)

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan komentar